Komponen -
Komponen Perangkat Keras Pada Komputer
Perangkat Keras Komputer di sebut juga Arsitektur Komputer dan juga dapat
didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara
interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah
komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Namun disini kita hanya akan membahas arsitektur pada umumnya, Secara garis
besar arsitektur computer dapat di bagi menjadi 4 yaitu :
- Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain/mengubah input menjadi output. Dirincikan sbb : Primary storageControl unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system, Arithmatika and logical Unit, tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika. Secondary storage (penyimpanan sekunder ), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
- Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.
- Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil pengolahan. (penyimpanan primer), berisi data yang diolah & program,...
- Primary storage : tempat penyimpanan
CPU ( Central Processing
Unit )
Central Processing Unit, Disinilah
jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses yang
dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung. Berikut adalah organ utama dalam
CPU :
- Processor : Menjalankan program.
- Motherboard : Motherboard adalah rumah dari perangkat dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam system harus melalui motherboard.
- Video Graphics Adapter ( VGA ) : Perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk ditampilkan ke monior.
- Power Supply Unit ( PSU ) : Mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada dalam computer. Serta untuk menstabilkan voltase secara otomatis.
- Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan dalam computer.
- Memory ( kecepatan ) : Semakin besar kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program.
Peralatan Input
Alat input dibagi ke dalam dua
golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung
memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa
terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input
langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device,
scanner, voice recognizer. Alat input tidak langsung , dimana data yang
dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke
suatu media mechine readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan
merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari:
keytocard, keytotape, keytodisk, dsb
- Keyboard : Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868.
- Mouse : dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan tangan kita.
- Scanner : suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi.
- Monitor : disebut juga layar computer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
- Printer : digunakan untuk mencetak data / informasi pada kertas
- Speaker : berfungsi untuk mengeluarkan informasi berupa suara
- Processor : sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
- Mainboard : sebagai kerangka mesin computer tempat processor dan komponen – komponen lainnya dipasang
- Diskette Drive : disebut floppy drive, yaitu tempat memasukkan floppy disk (disket). Berfungsi membaca dan menulis data pada disket.
- CD Drive : tempat memasukkan CD, berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD
- Harddisk : adalah tempat penyimpanan data. Harddisk berada dalam casing (badan) komputer dan jarang di pindah-pindahkan (disebut fixed disk)
- Memory (RAM) tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Accses Memory, yaitu memori yang bias diakses secara acak oleh processor.
- VGA – Card : komponen yang berfungsi menampilkan gambar / tampilan pada monitor. (Video Graphics Array)
- Sound Card : komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker
- LAN Card : komponen yang akan menghubungkan computer dengan computer lainnya. Tidak selalu ada pada computer, dan dipasang jika diperlukan saja.
- Modem : komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi internet, atau untuk mengirim data melalui jaringan telepon.
- Stabilizer : menstabilkan arus listrik sehingga arus yang masuk ke dalam power supply komputer tidak terlalu naik – turun yang bisa menyebabkan kerusakan peralatan elektronik dan data.
- UPS : untuk mencegah komputer mati ketika terjadi pemadaman arus listrik mendadak. Pada waktu listrik padam, UPS otomatis menyediakan daya listrik untuk computer.
Peralatan Output
Output yang dihasilkan dari pemroses
dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol
khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar ), suara , dan bentuk lain
yang dapat dibaca oleh mesin ( machine-readable form ). Peralatan output dapat
berupa :
Hard-copy device yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan
image pada media keras seperti kertas atau film.
Soft-copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan
image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh :>> Printer
: Output device yang berfungsi mencetak data ( Dokumen, Picture, web page, dll
) >> Monitor : Output device yang berfungsi menampilkan data-data dari
CPU. >> Projector : Sama halnya monitor, projector berfungsi menampilkan
data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar
dari monitor. >> Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa suara.
Komponen - Komponen Perangkat Lunak Pada Komputer
Program Aplikasi (Software Application)
Program aplikasi merupakan software yang siap digunakan oleh user untuk
memudahkan pekerjaan penggunanya. Program
aplikasi dapat dibedakan menjadi :
a.
Word Processing
Merupakan program ppengolah kata yang dapat digunakan untuk
menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah Microsoft Word 2003, Microsoft
Word 2010, Lotus Ami Pro, dan lain-lain.
b.
Desktop Publishing
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata
letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page
Maker.
c.
Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka.
Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft
Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d.
Database Management System
Program ini dugunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan
kemudian menghasilkan informasi. Data yang diolah berupa database. Conytohnya
adalah Paradox, Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.
e.
Graphics
Dengan program ini kita dapat mengolah data berupa graphic
seperti menggambar, meberi warna, membuat animasi, mengedit foto, dan
lain-lain. Contoh dari program Graphic adalah Corel Draw, Adobe Photoshop,
Photoshine, dan lain-lain.
f.
Program Akuntansi
Program ini digunakan untuk mengatur keuangan. Biasanya
pihak yang menggunakan program ini adalah perusahaan-perusahaan dengan cash
flow yang besar. Contoh program ini adalah Pacioli 2000, Peach Tree Accounting,
dan sebagainya.
g.
Program Statistik
Program jenis ini digunakan untuk
melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contohnya adalah Statistica, SAS, dsb.
h.
Communication
Program jenis ini digunakan untuk melakukan komunikasi
dengan pengguna lain. Contohnya adalah Carbon Copy, DataFax, dsb.
i.
Multimedia
Program ini berhubungan dengan
pekerjaan-pekerjaan multimedia. Contohnya
adalah Adobe Premiere Pro, Microsoft Video, dan lain-lain.
j.
Game
Program ini merupakan program permainan saja. Contohnya
Prince Of Persia Need For Speed, GTA, dan lain-lain.
k.
Antivirus
Merupakan program yang digunakan untuk
mendeteksi dan membasmi virus komputer. Contohnya
sangatlah banyak seperti Avira, AVK Kasper Sky, Smadav, dan lain-lain.
0 komentar :
Posting Komentar