Instruksi
harus diberikan kepada komputer agar dapat memecahkan suatu masalah.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk memberikan instruksi kepada
komputer untuk memecahkan masalah inilah yang dinamakan pemrograman
komputer. Pemrograman komputer bukanlah hal yang sederhana. Kegiatan ini
memerlukan ketelitian dan kemauan untuk bekerja dalam jangka waktu yang
lama.
1. Pemrograman komputer
Dalam
komunikasi sehari-hari seorang harus berbicara dalam bahasa yang sama
dengan orang tersebut. Hal ini berlaku juga untuk berkomunikasi dengan
komputer. Kita harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer
untuk memberikan suatu instruksi. Pada dasarnya komputer adalah sebuah
mesin digital, artinya komputer hanya mengenal kondisi adanya arus
(dilambangkan sebagai angka 1) atau tiadanya arus (dilambangkan sebagai
angka 0). Dengan kata lain sandi 1 dan 0 harus digunakan untuk melakukan
pemrograman. Sandi tersebut dikenal sebagai bahasa mesin. Kita dapat
membayangkan bagaimana sulitnya menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa
pemrograman.
Karena bahasa mesin sangat sulit maka muncul
ide untuk melambangkan untaian sandi 1 dan 0 dengan singkatan kata yang
mudah dipahami manusia. Sebagai contoh dalam prosesor Intel terdapat
perintah 0011 1010 0000 1011. Perintah dalam bahasa mesin ini artinya
sama dengan perintah assembly CMP AL, 0D yang artinya bandingkan nilai
register AL dengan 0D. CMP sebenarnya adalah singkatan dari compare.
Dapat dilihat disini bahwa perintah tersebut lebih mudah dipahami
dibandingkan dengan urut-urutan bilangan biner seperti tersebut diatas.
Pemrograman
dengan basa assembly untuk banyak orang masih dirasakan terlalu sulit.
Karena hal tersebut akhirnya dikembangkan suatu bahasa pemrograman yang
lebih yang lebih mudah digunakan. Bahasa pemrograman ini menggunakan
bahasa generasi ketiga atau disingkat 3GL, biasa juga disebut sebagai
high-level language. Contoh dari bahasa ini adalah bahasa Basic, Pascal,
C, C++, COBOL, dsb.
Bahasa generasi ketiga biasanya
menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris karena bahasa inggris
merupakan bahasa internasional. Sebagai contoh anda dapat menuliskan
perintah berikut dalam bahasa Pascal . Sebagai contoh :
writeln(‘Hallo’); {Pascal}
printf(“Hallo”); // C
cout << “Hallo” << endl; // C++
ketiga pernyataan diatas bertujuan sama yaitu menuliskan teks “Hallo” ke keluaran standar biasanya ke layar komputer.
Ketiga
perintah sederhana diatas sebenarnya terdiri dari puluhan atau mungkin
ratusan pernyataan assembly. Perangkat lunak yang menterjemahkan program
dalam bahasa yang mudah dipahami manusia ke dalam bahasa mesin dapat
digolongkan menjadi dua jenis yaitu compiler atau interpreter.
Interpreter
menerjemahkan program baris per baris, artinya jika suatu baris akan
dieksekusi maka baris tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu
kedalam bahasa mesin. Apabila baris berikutnya akan dieksekusi maka
baris tersebut baru diterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Contoh bahasa
pemrograman yang menggunakan interpreter adalah Basic.
Compiler
akan menterjemahkan menterjemahkan semua perintah kedalam bahasa mesin
kemudian menjalankan hasil terjemahannya. Hasil terjemahan, untuk
selanjutnya disebut sebagai binary file, ini disimpan dalam file atau
memori. Contoh bahasa pemrograman yang menggunakan compiler adalah
adalah Pascal, C, dan C++
Perkembangan bahasa pemrograman
tidak hanya sampai pada generasi ketiga saja. Ada generasi lanjutan
bahasa pemrograman yaitu 4GL (fourth generation language). Bahasa ini
banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi database. Salah satu
contohnya adalah SQL (structured query language). Pada bahasa ini
perintah yang diberikan lebih manusiawi misalnya : “Select Name, Address
from Employee” untuk mengambil data Nama dan Alamat dari tabel
Karyawan.
2. Langkah-langkah dalam pemrograman komputer
Dalam
melakukan suatu kegiatan, siapapun memerlukan langkah-langkah yang
harus dilalui. Demikian juga dengan pemrograman komputer. Urut-urutan
langkah yang disajikan disini tidak bersifat mutlak artinya tidak harus
melakukan dari langkah pertama, kedua dan selanjutnya. Ada beberapa
langkah yang mungkin atau harus diulang sampai beberapa kali. Berikut
ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pemrograman
komputer :
- Mendefinisikan masalah. Langkah pertama ini sering kali tidak dilakukan oleh banyak pemrogram. Begitu mendapat perintah untuk membuat suatu program, mereka langsung menulis programnya tanpa mendefinisikan masalahnya terlebih dahulu.
- Menentukan solusi. Setelah masalah didefinisikan dengan jelas, masukan apa yang diberikan sudah jelas, keluaran apa yang diinginkan sudah jelas, langkah selanjutnya adalah mencari jalan bagaimana masalah tersebut diselesaikan. Apabila permasalahan terlalu kompleks, biasanya kita harus membaginya ke dalam beberapa modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.
- Memilih algoritma. Langkah ini merupakan salah satu langkah penting dalam pemrograman komputer. Pemilihan algoritama yang salah akan menyebabkan program tidak dapat berjalan dengan baik.
- Menguji program. Setelah program selesai ditulis, program tersebut harus diuji. Pengujian meliputi : keberhasilan kompilasi, keberhasilan output dan keberhasilan pemecahan kasus.
- Menulis dokumentasi. Hal ini biasanya dilakukan bersamaan dengan menulis program. Artinya pada setiap baris program , atau setiap beberapa baris program dilakukan penulisan komentar. Dokumentasi merupakan hal yang sangat penting.Dokumentasi diperlukan terutama pada saaat akan melakukan perubahan program atau membaca program yang sudah ada. Komentar-komentar oendek pada program biasanya sudah cukup. Namun akan lebih baik jika dituliskan pada file terpisah untuk kemudian dicetak diatas kertas bilamana perlu.
- Perawatan. Langkah ini dilakukan setelah program selesai dibuat dan sudah digunakan oleh pengguna. Hal yang paling sering terjadi disini adalah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau mungkin juga pengguna ingin menambahkan fisilitas baru. Apabila hal seperti ini terjadi harus dilakukan revisi terhadap program.
3. Algoritma
Meskipun
pada penjelasan diatas algoritma hanyalah bagian dari 7 langkah dalam
pembuatan program, namun ia memiliki posisi yang teramat penting. Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika.
Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita juga menggunakan algoritma
untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh untuk menulis surat diperlukan
langkah-langkah sebagai berikut :
- Mempersiapkan kertas dan amplop
- Mempersiapkan alat tulis
- Mulai menulis.
- Memasukkan kertas ke dalam amplop.
- Pergi ke kantor pos untuk mengeposkan surat tersebut.
Langkah-langkah
dari nomor 1 sampai dengan nomor 5 di atas itulah yang disebut dengan
algoritma. Jadi sebenarnya kita menggunakan algoritma baik dengan sadar
maupun tanpa kita sadar.
Dalam banyak kasus, algoritma yang
dilakukan tidak selalu berutan seperti diatas. Kadang-kadang harus
memilih dua atau beberapa pilihan. Sebagai contoh jika kita ingin makan,
kita harus menentukan akan memasak sendiri atau dirumah makan. Jika
kita memilih untuk makan dirumah makan kita akan menjalankan algoritma
yang berbeda jika kita ingin memasak sendiri. Didalam pemrograman hal
tersebut dikenal sebagai percabangan.
Dalam
kasus lain lagi mungkin kita harus melakukan langkah-langkah tertentu
beberapa kali Sebagai contoh, saat kita menulis surat, sebelum
memasukkan kertas ke dalam amplop, mungkin kita harus memeriksa apakah
surat tersebut sudah benar atau belum. Jika belum benar berarti kita
harus menyisihkan kertas baru untuk memperbaiki surat tersebut. Demikian
seterusnya sampai surat yang dibuat sesuai dengan yang diharapkan. Hal
seperti ini disebut sebagai pengulangan.
4. Contoh algoritma untuk memecahkan masalah matematika
Misalkan kita ingin menghitung luas lingkaran dari masukan berupa jari-jari lingkaran Rumus luas lingkaran adalah :
Luas = R2
Maka algoritma untuk menghitung luas lingkaran adalah :
- Masukkan R
- Pi = 3.14
- Luas = Pi * R * R
- Tulis Luas
Perhatikanlah
bahwa tanda = berarti merupakan pemberian nilai kepada
variabel-variable yang berada disebelah kiri. Sebagai contoh untuk baris
kedua, nilai 3.14 diberikan pada variable Pi. Berikutnya nilai Pi * R *
R diberikan kepada variabel Luas.
Baris pertama dari
algoritma diatas meminta masukkan dari pengguna berupa jari-jari
lingkaran yang disimpan pada variabel R. pada baris kedua nilai disimpan
pada variabel dengan nama Pi. Baris ketiga menghitung luas lingkaran
dengan rumus R2 atau yang dituliskan Pi * R * R. Luas
lingkaran ini disimpan pada variabel Luas. Baris terakhir menuliskan
luas lingkaran tersebut.
5. Urut-urutan (Sequence)
Urut-urutan
atau sequence adalah rangkaian tindakan yang dilakukan secara berurut.
Contoh algoritma yang diperlihatkan diatas menunjukkan program yang
berurut. Untuk memudahkan memahami algoritma, diagram alur akan sangat
membantu. Contoh dari diagram tersebut terdapat pada gambar 1
Gambar 1. Algoritma Perhitungan Luas Lingkaran
6. Pseudocode
Pseudocode
adalah penulisan program dengan menggunakan bahasa yang kita pergunakan
sehari hari. Bahasa yang digunakan bisa saja bahasa Indonesia, Bahasa
Inggris, C-like, Pascal-like ataupun bentuk bentuk yang lainnya. Contoh
pseudococde dari algoritma diatas adalah :
Program : Menghitung Luas Lingkaran
Mulai
Masukkan nilai jari-jari kedalam variabel R
Masukkan 3.14 kedalam variabel Pi
Masukkan hasil perkalian Pi dengan R kuadrat kedalam variabel Luas
Tampilkan nilai variabel luas
Selesai
Apapun bentuk tampilan algoritma anda yang terpenting adalah logika dari program yang anda buat.
7. Percabangan dan Pengulangan
Tidak
setiap program memiliki algoritma yang hanya terdiri dari urut-urutan
saja. Pada kenyataannya hal tersebut tidak mungkin terjadi pada
pemrograman didunia sains atau bisnis. Sebuah program selalu terdiri
dari urut-urutan(sequence), percabangan (condition), dan pengulangan (repetition). Percabangan dan pengulangan selalu dilakukan terhadap pernyataan-pernyataan program yang berbentuk urut-urutan.
Percabangan
adalah pemilihan kondisi untuk menentukan pernyataan mana yang akan
dieksekusi selanjutnya. Sedangkan pengulangan adalah penentuan apakah
suatu kondisi sudah terpenuhi untuk mengulangi atau menghentikan
pengulangan eksekusi sebuah pernyataan program atau sebuah urut-urutan
pernyataan program.
Kita akan mempelajari percabangan dan pengulangan setelah menguasai dengan baik penulisan algoritma secara urut-urutan (sequential).
good arikel
BalasHapusMy blog
Makasih infonya min
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusthank you for your info kak
BalasHapusMyblog
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMantapss
BalasHapusMy blog
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusThanks, materiya sangat bermanfaat..
BalasHapusMy Blog
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussangat bermanfaat.
BalasHapusMy blog
Good
BalasHapusuntuk materinya tenks yah moga makin sukses aminn
BalasHapusArtikel ini sangat bermanfaat gan, kunjungi juga https://www.priacoding.com/ yang membahas tentang kumpulan bahasa pemograman dan database..
BalasHapusBapak kau
HapusSip...
BalasHapusnice information min
BalasHapuspinset lurus